Info Sekolah
Minggu, 24 Okt 2021
  • Selamat hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Bersama-sama kita wujudkan silaturahmi ukhuwah Islamiyah dan menuju masyarakat yang tentram dan damai bersama-sama hidup dalam perbedaan.

MPLS SMKN 1 Binuang TP. 2019/2020 “Dengan PLS Kita Tumbuhkan Generasi Berkarakter dan Peduli Lingkungan”

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

Tapin (15/7) Proses Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMKN 1 Binuang, Kabupaten Tapin Tahun 2019 sudah selesai. Peserta didik baru yang sudah lolos tahap seleksi pun sudah melakukan daftar ulang. Kini saatnya mereka mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. 

Kegiatan MPLS ini dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Rabu (15-17 Juli 2019). Kegiatan ini mengacu pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 6197/D.D4/PD/2019. Teknis pelaksanaan MPLS mengacu pada Permendikbud No. 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, bahwa diperlukan pengenalan lingkungan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. 

Tema kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020 ini adalah Menumbuhkan Generasi Berkarakter dan Peduli Lingkungan. Sebagaimana diketahui, bahwa saat ini di era digital akan menekankan pada penumbuhkan karakter yang mulia serta kepedulian terhadaplingkungan. Maka dari itu kegiatan MPLS kali ini terdiri dari beberapa kegiatan praktis dan edukatif untuk membentuk pola fikir Siswa Baru SMK Negeri 1 Binuang, Kabupaten Tapin. 

Kegiatan hari pertama diawali dengan penyerahan secara simbolik Peserta Didik Baru dari orangtua siswa kepada pihak sekolah. Selanjutnya mereka akan dipandu langsung oleh Dewan Guru yang menjadi Panitia untuk mengenal lingkungan area sekolah. Adapun materi yang akan diterima oleh Peserta Didik Baru diantaranya adalah Wawasan Wiyatamandala dan Implementasi Kurikulum 2013. Ada 3 materi yang melibatkan pihak dari luar sekolah, yaitu tentang Internet Sehat yang akan di sampaikan oleh Polsek Binuang, materi tentang kesehatan yang disampaikan oleh PUSKESMAS Binuang dan materi tentang ketarunaan yang dipandu langsung KORAMIL Binuang.  (MYW)