Info Sekolah
Senin, 06 Des 2021
  • SMK Negeri 1 Binuang mengucapkan "Selamat Hari Guru Nasional 2021. Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan."

Geologi Pertambangan (4 Tahun)

Tahukah kamu bahwa cadangan batubara di Indonesia akan cukup hingga tahun 2090 nanti?

Untuk memanfaatkan sumber daya tersebut, tentunya Indonesia membutuhkan banyak tenaga kerja profesional dengan pengetahuan dan kompetensi mendalam soal dunia tambang. Disinilah peran seorang ahli geologi dibutuhkan karena ahli geologi yang akan memetakan dan menginterpretasikan keadaan serta keberadaan jenis bahan galian yang akan ditambang, seperti batu bara misalnya.

Jika kamu tertarik dengan dunia pertambangan dan ingin mendalami ilmunya, kamu bisa memilih Program Keahlian Geologi Pertambangan di bangku SMK. Meskipun program keahlian ini terbilang baru dalam jenjang pendidikan kejuruan, namun peminatnya sangat banyak. Kamu nggak hanya akan mengeksplorasi tambang batubara saja, namun juga bahan tambang lainnya seperti minyak dan gas.

Tertarik dengan jurusan ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Gambaran Program Keahlian

Program Keahlian Geologi Pertambangan termasuk ke dalam bidang Energi dan Pertambangan di SMK. Ada dua program keahlian lainnya di bawah bidang ini yaitu Teknik Perminyakan dan Energi Terbarukan.

Jurusan Geologi Pertambangan adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu-ilmu terkait kebumian meliputi material penyusun bumi, macam-macam batuan, bentuk batuan, proses pembentukan bumi, sejarah bumi hingga geologi terapannya (misalnya Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Teknik, dsb).

Kompetensi Keahlian Geologi Pertambangan terletak di bidang pengkajian dan pemanfaatan sumber daya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam. Selain mengeksplorasi hasil tambang, keahlian yang akan diperoleh oleh siswa jurusan ini adalah meningkatkan kualitas hasil tambang tersebut agar tidak hanya bermanfaat namun juga ramah lingkungan.

Mata Pelajaran

Dalam Program Keahlian Geologi Pertambangan, kamu akan mendapatkan mata pelajaran muatan nasional seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dll. Kamu juga akan belajar mata pelajaran muatan kewilayahan seperti Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Nah, mata pelajaran khusus yang akan dipelajari oleh siswa jurusan ini terletak di muatan peminatan kejuruan. Kamu akan belajar tentang gambar teknik, dasar-dasar geologi, serta kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup.

Adapun mata pelajaran produktif dalam program keahlian ini terdiri dari:

  1. Pemetaan Topografi dan Pemetaan Geologi
  2. Teknik Eksplorasi dan Teknik Penambangan
  3. Teknik Peledakan dan Pemboran
  4. Bahan Galian
  5. Geologi Teknik
  6. Geologi Terapan
  7. Tambang Terapan
  8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Agar siap kerja setelah lulus, kamu diharuskan mengikuti praktik kerja lapangan sebelum lulus. Praktik ini bertujuan agar kamu dapat memanfaatkan ilmu yang kamu punya nantinya untuk berkontribusi dalam pengembangan sektor energi dan pertambangan Indonesia di masa ini dan masa depan.

Prospek Kerja

Dengan banyaknya sumber daya alam energi dan pertambangan yang belum dieksplorasi, industri ini membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengembangkan sektor ini. Maka dari itu, prospek kerja bagi lulusan Program Keahlian Geologi Pertambangan SMK sangat cerah.

Kamu bisa bekerja di sektor pemerintah atau swasta. Di sektor pemerintah, misalnya, kamu berpeluang besar untuk bekerja di instansi-instansi pemerintah terkait seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan beberapa BUMN seperti Pertamina dan Perusahaan Gas Negara.

Di sektor swasta, kamu bisa menjajal profesi teknisi ahli energi maupun peneliti atau pengajar di lembaga pendidikan dan penelitian. Penghasilan bulanan untuk lulusan ini terkenal cukup besar mengingat beban kerjanya yang cukup berat dan sulit.

Selain bekerja, kamu juga bisa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Beberapa jurusan yang bisa kamu pilih adalah Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Metalurgi, dan berbagai jurusan lainnya.

Berikut video Program Keahlian Geologi Pertambangan.