Info Sekolah
Rabu, 18 Mei 2022
  • Segenap Guru dan Tenaga Kependidikan SMKN 1 Binuang mengucapkan "Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir bathin".

4 Hal yang Bisa Dilakukan Anak SMK Setelah Lulus, Tak Cuma Langsung Kerja

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Pendidikan

Jakarta – Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) memang dipersiapkan untuk bisa terjun langsung di dunia kerja. Meski demikian, ada banyak hal yang bisa dilakukan selain bekerja.
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wikan Sakarinto mengatakan, lulusan SMK diharapkan memiliki kompetensi “aku bisa apa” bukan “aku sudah belajar apa”. Sehingga nantinya tidak sekadar mengandalkan ijazah.
Wikan menjelaskan, pemerintah saat ini juga telah menyediakan platform dengan visi ke depan hingga kurikulum berbasis proyek. Pihaknya meminta para siswa SMK tidak takut untuk bermimpi.

“Jangan pernah takut bermimpi. Ada banyak terobosan yang kami buat sampai level ‘menikah’. Kurikulum berbasis project, serta kepala sekolah akan menjadi penggerak,” terang Wikan kala menyapa peserta didik baru jenjang SMK, dilansir dari laman Ditjen Vokasi, Selasa (8/3/2022).

Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus SMK
Lulusan yang kompeten memiliki banyak pilihan selain bekerja untuk perusahaan. Melansir laman Direktorat SMK Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, berikut empat hal yang bisa dilakukan siswa SMK setelah lulus sekolah:

1. Bekerja di Perusahaan
Bekerja merupakan impian sebagian besar siswa SMK setelah berhadapan dengan alat-alat praktik dan banyaknya tugas selama tiga hingga empat tahun. Terlebih tidak sedikit perusahaan membuka lowongan kerja untuk lulusan SMK.

Dalam mencari perusahaan yang tepat, rajin-rajinlah mencari informasi di berbagai sumber dan mulai memperbaiki portofolio. Kamu juga dapat mengumpulkan hasil tugas-tugas ke dalam satu folder agar dilirik oleh HRD.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi di Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di sekolah. Biasanya, setiap SMK bekerja sama dengan berbagai perusahaan, termasuk rekrutmen lulusan.

2. Melakukan Bisnis
Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK dan skill yang dilatih selama sekolah tidak menutup kemungkinan untuk terjun ke dunia bisnis. Sehingga, bukan masalah bagi alumni SMK apabila belum diterima kerja di perusahaan.

Lulusan SMK sudah dilatih untuk berbisnis di masing-masing sekolah. Mereka dapat menghasilkan berbagai macam produk berdasarkan jurusan masing-masing. Bahkan, jasa pun sering kali dipraktikkan.

Modal tersebut dapat kamu gunakan untuk memulai bisnis. Dalam hal ini, mulailah dari hal kecil dan kumpulkan modal untuk membesarkan bisnis yang kamu jalankan.

3. Lanjut Kuliah
Kuliah tidak hanya bisa dilakukan oleh lulusan SMA/MA saja, tetapi juga terbuka untuk lulusan SMK. Ini dapat menjadi pilihan yang cocok apabila kamu ingin memperdalam ilmu pengetahuan.

Kamu bisa mengoptimalkan belajar agar diterima di perguruan tinggi impian. Baca rangkuman pelajaran dan giat berlatih dalam menjawab soal-soal tes yang diujikan saat mendaftar perguruan tinggi.

4. Kembangkan Skills bersama Mentor
Tidak kerja, belum minat berbisnis, dan tidak mau kuliah, tetapi masih haus ilmu di berbagai bidang? Tenang, kamu masih bisa mengasah skill di bidang yang ingin kamu tekuni bersama mentor.

Kemajuan teknologi saat ini akan memudahkan dalam mencari mentor. Kamu bisa menghubungi mereka melalui berbagai platform media sosial yang ada. Apabila sulit mendapatkan mentor, kamu dapat mengikuti pelatihan yang narasumbernya adalah mentor impianmu.

Keempat hal di atas dapat kamu pilih salah satu atau sekaligus. Namun demikian, dibutuhkan modal kedisiplinan, kepemimpinan, ketekunan, keberanian, tanggung jawab, dan solidaritas untuk menjalankannya. Ini bisa didapatkan ketika di SMK.

Sumber : https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5974317/4-hal-yang-bisa-dilakukan-anak-smk-setelah-lulus-tak-cuma-langsung-kerja.