Info Sekolah
Minggu, 24 Okt 2021
  • Selamat hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Bersama-sama kita wujudkan silaturahmi ukhuwah Islamiyah dan menuju masyarakat yang tentram dan damai bersama-sama hidup dalam perbedaan.

5 Cara Mempromosikan Diri Secara Efektif Dan Profesional

Diterbitkan :

1. Memiliki sikap dan tutur kata (bahasa) yang berkualitas
Cara mempromosikan diri dapat dilakukan dengan membiasakan diri bersikap dan berbahasa yang baik. Untuk itu, Anda perlu memiliki bahasa yang komunikatif dan tidak bersikap sombong. Kemampuan berbahasa yang baik ini sangat dibutuhkan jika Anda sedang menjalani proses interview saat melamar kerja. Dalam berbahasa, usahakan untuk berbicara secara jujur, tidak berlebihan dengan penyampaian yang sopan atau tidak berkoar-koar. Selain itu, upayakan untuk memiliki sikap hangat dan pengertian kepada orang lain serta mampu mengontrol emosi sehingga Anda mampu menjadi orang yang menyenangkan bagi orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki kecerdasan emosi (EQ). Dan, seseorang yang memiliki tingkat EQ yang baik dapat dipastikan bahwa ia merupakan pribadi yang berkualitas dan sukses.

2. Memiliki penampilan yang kharismatik
Memiliki penampilan yang penuh percaya diri dan berkharisma juga menjadi salah satu cara mempromosikan diri yang efektif. Dengan memiliki penampilan yang bersih dan rapi tentu akan membuat orang lain merasa nyaman berinteraksi dengan Anda. Selain itu, upayakan juga untuk memiliki bahasa tubuh (gesture) yang meyakinkan banyak orang bahwa Anda adalah orang yang berkualitas dan memiliki kompetensi. Di antaranya, dengan banyak tersenyum ramah terhadap orang lain, berdiri, berjalan, serta duduk dengan punggung tegak, memandang mata lawan bicara dengan sopan, dan sebagainya.

3. Menyusun curriculum vitae (CV) atau resume yang baik
Curriculum vitae merupakan alat marketing yang Anda miliki sebagai cara mempromosikan diri. Untuk itu, buatlah CV Anda terlihat menarik dalam hal penulisan, penyampaian, dan struktur yang jelas. Di dalam CV, Anda perlu mempromosikan diri dengan menuliskan keahlian yang Anda miliki, pengalaman kerja dan organisasi yang pernah Anda lakukan, dan berbagai pencapaian yang pernah Anda raih. Selain itu, penting bagi Anda tambahkan dalam CV beberapa nilai plus dalam diri Anda yang bermanfaat bagi perusahaan dan hal tersebut dapat membedakan diri Anda dengan orang lain. Dengan memiliki CV yang menarik maka akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

4. Memiliki blog dan media sosial yang berisi hasil pencapaian atau prestasi Anda
Di zaman yang serba teknologi ini, Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial dan blog sebagai media promosi diri Anda. Menulis blog dapat dikatakan cukup efektif sebagai cara mempromosikan diri.Dalam blog tersebut, Anda dapat menuliskan berbagai hal yang berkaitan dengan bidang yang Anda geluti sekaligus prestasi yang berhasil Anda capai. Misal, Anda menekuni dunia desain maka Anda dapat mengupload berbagai hasil karya desain Anda.

5. Membuat acara khusus
Bagi beberapa orang, membuat acara khusus juga penting dilakukan sebagai salah satu cara mempromosikan diri. Acara khusus ini bisa berupa mengadakan seminar, pelatihan/workshop, pameran hasil karya, mengadakan giveaway, dan sebagainya. Dengan mengadakan acara khusus ini maka nama Anda akan makin dikenal banyak orang dan kualitas diri Anda makin diakui oleh masyarakat luas.

Sumber : http://quantumbioenergi.com/kunci-sukses/