Info Sekolah
Kamis, 23 Sep 2021
  • Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1443 H. Tahun Baru Hijriyah menjadi spirit baru untuk menguatkan persaudaraan dan kepedulian pada sesama di tengah pandemi. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia! Semoga kita lekas bebas dari pandemi Covid-19 dan kembali tumbuh menjadi bangsa yang maju.

Nadiem Makarim: Presiden Dukung PTM Terbatas di Wilayah PPKM Level 1-3

Diterbitkan : - Kategori : Artikel Umum

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyambut positif dorongan PTM terbatas yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dorongan PTM terbatas itu disampaikan Jokow saat meninjau vaksinasi Covid-19 untuk pelajar (siswa) yang digelar di SMPN 3 Mejayan, Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

Berdasarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru, PTM terbatas dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3. Sementara itu, satuan pendidikan di wilayah PPKM level 4 tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan wilayah PPKM level 1-3 dapat dilakukan melalui PTM terbatas atau PJJ sesuai dengan pengaturan dalam SKB 4 Menteri. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menggarisbawahi imbauan Jokowi yang memberikan perhatian bagi keberlangsungan pembelajaran anak-anak Indonesia.

“SKB 4 Menteri yang menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi juga telah memandatkan bagi sekolah yang tenaga pendidiknya sudah divaksinasi untuk menyediakan opsi PTM terbatas,” sebut dia melansir laman Kemendikbud Ristek, Kamis (19/8/2021).

Nadiem mengaku, bagi sekolah yang berada di wilayah PPKM level 1-3, Presiden telah mengimbau agar segera laksanakan PTM terbatas.

“Apalagi jika peserta didiknya sudah divaksinasi Covid-19,” jelas Mendikbud Ristek. Saat ini vaksinasi bagi anak baru diperuntukkan bagi anak berusia 12-17 tahun dengan vaksin Sinovac.

Nadiem menyebut, Kemendikbud Ristek mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pemerintah daerah (Pemda) yang melaksanakan vaksinasi masal bagi siswa yang sudah dapat divaksinasi sesuai ketentuan.

Saat ini, Kemendikbud Ristek juga tengah merencanakan adanya sentra vaksinasi untuk mempercepat pemberian vaksinasi bagi siswa.

Sementara, lanjut dia, bagi sekolah yang siswanya belum memperoleh vaksinasi Covid-19, khususnya di wilayah PPKM level 1-3, maka tetap dapat menyelenggarakan PTM terbatas.

Pelaksanaan PTM terbatas, dia berharap tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, serta kesehatan dan keselamatan seluruh insan pendidikan keluarga.

“Itu sesuai harapan pemerintah dan daftar periksa yang ditentukan dalam SKB 4 Menteri,” tukas Nadiem.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Nadiem Makarim: Presiden Dukung PTM Terbatas di Wilayah PPKM Level 1-3”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/19/191000871/nadiem-makarim–presiden-dukung-ptm-terbatas-di-wilayah-ppkm-level-1-3?page=all.
Penulis : Dian Ihsan
Editor : Dian Ihsan